Monday 13 February 2017

Doa yang dibaca sebelum tidur, dan Apabila kamu meninggal pada malam itu, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah (suci)


Doa yang dibaca sebelum tidur, dan Apabila kamu meninggal pada malam itu, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah (suci)
Banyak musibah yang tidak terduga didunia ini, contoh kecil, meninggal dunia dimalam hari saat tertidur lelap, tiba-tiba pagi hari sudah tidak bernyawa lagi. Banyak orang berpikir bahwa meninggal dunia dengan cara seperti itu disebabkan karena salah tidur, mimpi buruk, salah posisi tidur, dan banyak lagi yang lain. Namun nyatanya manusia tidak bisa mencegah yang namanya mati dimanapun dan kapanpun Allah berkehendak.
Untuk mengantisipasi musibah yang seperti itu, maka Rasullallah SAW mengajarkan kepada kita untuk berdoa sebelum tidur seperti yang dicontohkan oleh Rasullallah SAW:
اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ
Yang artinya    : Ya AIlah ya Tuhanku, aku berserah diri kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dalam keadaan harap dan cemas, karena tidak ada tempat berlindung dan tempat yang aman dari adzab-Mu kecuali dengan berlindung kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus).'

Paidah dari doa diatas adalah Apabila kamu meninggal pada malam itu (tidur), maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah (suci). مَنْ قَالَهُنَّ ثُمَّ مَاتَ تَحْتَ لَيْلَتِهِ مَاتَ عَلَى الْفِطْرَةِ
firman Allah "Istarhabuuhum" QS; Al A'raf; 116, diambil dari kata "rahbah (cemas) " seperti "malakuut" dari kata "mulk (kerajaan) " contoh "rahabuut (harap-harap cemas) " itu lebih baik dari "rahamuut (terlalu mengasihi) " kamu berkata; "Tarhabu" itu lebih baik dari "tarhamu."



No comments:

Post a Comment

Entri Populer